Sport

Terkenal Disiplin & Berdedikasi Petinju Dunia Kelas Ringan WBC Saoul Mamby Tutup Usia

Petinju dunia mantan juara kelas welter ringan WBC, Saoul Mamby tutup usia di usia 72 tahun baru baru ini. Penyebab meninggal Saoul Mamby masih belum diketahui, namun, media media seperti , s , dan memberitakan petinju kelahiran Bronx, New York ini tutup usia pada Kamis (19/12/2019) waktu Amerika. Saoul Mamby merupakan satu diantara petinju dunia tertua yang bertarung di atas arena saat berusia 60 tahun pada 2008 lalu.

Catatan itu membuatnya masuk dalam Guinness Book of Record sebagai petinju tertua dalam sebuah pertarungan resmi. Dalam karir profesionalnya, Saoul Mamby tercatat sebagai petinju yang berhasil mempertahankan gelar kelas welter ringan WBC dari Februari 1980 hingga Juni 1982, menurut catatan Fightnews.com . Saat itu dia meraih gelar kelas ringan WBC pertama dengan mengalahkan Sang Hyun Kim TKO di ronde ke 14.

Saoul Mamby berhasil mempertahankan enam pertandingan sebelum akhirnya dipatahkan Leroy Haley pada 1982. Mamby kalah dari Haley oleh keputusan wasit setelah menilai 12 ronde yang berlangsung. Sebelum memasuki ring profesional, Mamby memulai karirnya sebagai petinju saat berusia 16 tahun pada 1963.

Dia tertarik pada dunia tinju saat berlibur ke Jamaika. Rentang tahun 1965 1967 Mamby mencatatkan 25 kemenangan dan lima kalah di Golden Golves. Saoul Mamby pensiun pada 2000 di usianya 53 tahun setelah Komisi Atletik Negara Bagian California melarangnya bertanding di Amerika Serikat, menurut laporan .

Ia kembali ke atas ring delapan tahun berselang menghadapi Anthony Osbourne di Kepulauan Cayman. Namun dalam kesempatan itu dia kalah setelah melewati 10 ronde dari hasil keputusan wasit. Saoul Mamby memiliki nama lengkap Saoul Paul Mamby, anak dari Victoria (ibu) yang berasal dari Spanyol dan Robert (ayah) dari Jamaika.

Mamby lahir pada 4 Juni 1947 di Bronx Selatan, New York. Dalam beberapa media yang memberitakan, Mamby meninggal pada 19 Desember 2019 disaat usia 72 Tahun. Dalam karier tinjunya, Mamby telah melakoni 85 pertandingan dengan rincian, 45 kemenangan, 19 laga menang KO, imbang 34 kali, dan enam kali kalah.

Prestasi yang pernah ia catatkan adalah peraih gelar WBC kelas ringan 1980 1982, rekor petinju tertua (60 tahun 9 bulan), dan rekor lainnya dalam pertandingan gelar dunia. Beberapa lawan berat yang pernah ia taklukkan adalah Sang Hyun Kim, Esteban De Jesus, dan Gary Wilton. Sementara dua kali lawan Leroy Haley, Mamby selalu kalah.

Manajer Mamby, Steve Tannenbaum mengatakan, Mamby adalah sosok petinju yang disiplin dan berdedikasi yang pernah dia temui. "Dia adalah petinju paling disiplin dan berdedikasi yang pernah saya temui. Dia tidak merokok, minum, dan narkoba," ungkap Tannenbaun. Tannenbaum melanjutkan cerita, "Teman laman yang bernama Larry Holmes selama lebih dari 50 tahun berteman dengan Mamby. Mamby adalah pejuang, mereka kerap latihan di gym setiap hari."

Bahkan hingga usia 60 an, tubuh Mamby masih langsing, sama seperti saat dia berusia 20 tahun.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close