Travel

Termasuk Parade Kunci Taon di Manado 5 Tradisi Natal yang Unik di Indonesia

Natal telah tiba. Berbagai negara merayakan Natal dengan tradisi unik dan menarik. Indonesia juga merayakannya.

Di Yogyakarta, perayaan Natal tidak lepas dari pertunjukan wayang kulit. Wayang kulit biasanya memiliki tema kelahiran Yesus Kristus. Di gereja, pastor atau pendeta memimpin ibadah dengan bahasa Jawa krama inggil dan mengenakan pakaian adat khas Yogyakarta.

Yakni, beskap dan blangkon. Di Bali, perayaan Natal digelar dengan tradisi Ngejot dan Penjor. Ngejot adalah sebutan untuk tradisi memberikan bingkisan makanan khas Bali yang juga dilakukan pada hari raya Galungan.

Sementara penjor adalah semacam hiasan janur kuning yang dipasang di rumah dan gereja sebagai penanda perayaan Natal. Perayaan Natal di Manado, Sulawesi Utara biasanya berlangsung dari 1 Desember hingga puncaknya pada 25 Desember. Umat Kristiani mengunjungi makam keluarga sebagai bagian dari tradisi perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sementara tradisi Kunci Taon adalah parade kostum unik bertema Natal yang dilakukan oleh sejumlah komunitas dan biasanya berlangsung di jalan jalan koya. Ada tradisi perayaan Natal khas Papua yang tidak kamu temukan di daerah lain di Indonesia. Yakni, tradisi bakar batu.

Tradisi bakar batu merupakan acara masak bersama sama dengan menggunakan batu sebagai tungkunya. Biasanya, bahan makanan yang dimasak berupa daging dan sayur. Daging dan sayur kemudian dikumpulkan bersama kayu bakar, ditutupi dengan batu.

Kayu dibakar dan panas dari api pun tertahan oleh tumpukan batu. Setelah matang, makanan disajikan di atas daun dan disantap bersama sama. Tradisi perayaan Natal diSumateraUtara disebut marbinda.

Tradisi marbinda mirip dengan perayaan Idul Adha, yakni dengan menyembelih binatang kurban. Biasanya, warga iuran atau patungan untuk membeli binatang yang akan disembelih pada tradisi marbinda. Biasanya, masyarakat akan menyembelih kerbau atau babi dalam tradisi marbinda dan dibagikan secara merata.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close