Seleb

Ternyata Anak Band Putra Megawati Soekarnoputri yang Juga Terjun menuju Dunia Politik Prananda Prabowo

Sosok Megawati Soekarnoputri sudah melanglangbuana di dunia perpolitikan Indonesia. Keluarganya bahkan juga banyak yang mengikuti jejaknya di dunia politik. Termasuk sang anak, Puan Maharani.

Selama ini Puan Maharani menjadi anak Megawati yang paling terkenal. Terlebih Puan Maharani kerap mendampingi sang ibu di beberapa kesempatan. Selain Puan Maharani, Megawati juga memiliki anak yang jarang disorot.

Padahal sosoknya juga ikut berkiprah di dunia politik. Selain politik, sosok putra kedua Megawati ini juga lekat dengan dunia musik. Namun karena jarang tersorot, tak banyak yang mengenal sosok Prananda Prabowo, putra kedua Megawati Soekarnoputri.

Lalu, seperti apa sosok Prananda Prabowo, pria yang dijuluki sebagai<span></span>Man Behind the Door<span></span>atau<span></span>Man Behind the Scene<span></span>ini? Prananda Prabowo yang akrab disapa Prananda atau Nanan ini merupakan puta kedua Megawati Soekarnoputri, Presiden ke 5 Republik Indonesia. Prananda Prabowo lahir dari pernikahan Megawati dengan Letnan Satu (Penerbang) Surindro Supjarso, seorang pilot AURI dan perwira pertama TNI AU.

Dari pernikahan ini, Megawati dianugerahi dua putra, yaitu Mohammad Rizki Pratama dan Mohammad Prananda Prabowo. Sang ayah, Surindro Supjarso wafat pada 22 Januari 1970 karena kecelakaan pesawat di Pulau Biak, Papua. Dikutip dari<span></span>Kompas.com, nama Prananda atau yang akrab disapa Nanan ini memang belum terlalu muncul ke publik.

Ia lebih banyak mendampingi ibundanya, Megawati, dan menyusun berbagai tulisan tentang gagasan Bung Karno. Nama Nanan sempat mencuat untuk menjadi salah satu tokoh baru di PDI Perjuangan pada kongres III partai itu pada 2018 di Bali. Namun, Nanan yang terkenal pendiam itu tetap memilih bekerja di balik layar.

Dalam sejumlah kesempatan, Nanang justru tidak begitu kelihatan. Seperti halnya sewaktu Kongres III PDI P di Hotel Inna Grand Bali Beach pada 2018. Prananda yang disebut sebut sebagai salah satu penerus takhta PDI P itu malah duduk di deretan belakang. Dia duduk di samping kiri anggota Fraksi PDI P di DPR, Ganjar Pranowo, dan berada di antara para utusan daerah dan cabang PDI P.

Karena itulah ia disebut sebagai Man Behind the Door atau Man Behind the Scene. Nanan pun pernah membuat beberapa pidato politik yang disampaikan oleh Megawati. Salah satunya adalah pidato yang dibacakan Megawati pada pembukaan Kongres III PDI Perjuangan tahun 2010.

Selain itu, ia juga menjadi sosok kunci yang membuat PDI P dikenal aktif di media sosial. Prananda memprioritaskan media sosial sebagai alat kampanye utama. Hal tersebut dilakukan mengingat besarnya pengguna internet yang ada di Indonesia.

Tercatat, PDI Perjuangan menjadi partai pertama yang aktif di jejaring sosial media Facebook. Selain suka berada di balik layar dibanding harus tampil di panggung politik, Nanan juga dikenal memiliki kesukaan yang unik. Prananda dikenal menyukai aliran musik cadas.

Band Iron Maiden yang berasal dari Inggris adalah favoritnya. Bukan hanya menyukai musik saja, namun ia juga bermusik sendiri. Dikutip dari<span></span>Grid.ID, Prananda memiliki grup band indie bernama Rodinda.

Grup band ini didirikan oleh putra Megawati itu pada tahun 2014. Nama Rodinda juga bukan sembarang nama. Nama tersebut merupakan sebuah akronim yang memiliki kepanjangan 'Romantika, Dinamika, Dialektika.

Beberapa contoh lagu Rodinda adalah Pericoloso dan Bung Karno Bapak Bangsa. Kecintaan Prananda terhadap dunia seni juga berbuah Hymne PDI Perjuangan. Prananda Prabowo merupakan sosok yang menciptakan lagu penyemangat kader partai tersebut.

Dikutip dari<span></span>Kompas.com<span></span>(10/8/2019), Prananda Prabowo masuk dalam daftar susunan pengurus DPP PDI P periode 2019 2024. Ia terpilih menjadi ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital saat Kongres V di Bali pada 8 11 Agustus 2019.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close