Kesehatan

Tetap Bisa Sehat Tanpa Beranjak dari Kasur 5 Olahraga buat Kaum Malas Gerak & Hobi Rebahan

Olahraga bisa dilakukan sambil rebahan dan tidak perlu keluar rumah, seperti squat dan sit up di atas kasur. Olahraga selalu diidentikkan dengan aktivitas yang berat, mengeluarkan banyak tenaga dan dilakukan di luar rumah. Tetapi sebenarnya olahraga itu hal yang mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan di mana saja.

Selain untuk menjaga kesehatan kita, olahraga juga diperlukan untuk mergangkan otot otot kita. Nah, gimana mau olahraga kalau kita hobinya rebahan? Ternyata ada beberapa gerakan olah raga yang bisa dilakukan sambil rebahan, lho.

Ini sangat cocok buat kamu yang hobinya rebahan tapi pengen meregangkan otot otot biar tetep sehat. Berikut ini adalah gerakan olah raga yang bisa dilakukan sambil rebahan di atas kasur. Semua orang pasti sudah tahu bagaimana gerakan sit up, gerakan ini bisa dilakukan sambil rebahan di kasur, lho.

Mulai dengan rebahan lalu tekuk kakimu hingga melewati batas kepala kemudian kembalikan ke posisi semula. Ini sangat mudah dilakukan dan cocok buat kamu yang mager untuk beranjak dari kasur. Squat juga olahraga ringan yang bisa dilakukan diatas kasur tanpa perlu beranjak dari kamar.

Caranya adalah posisikan tubuh seperti sedang berlutut diatas kasur, lalu ubah posisi kaki seperti mau jongkok, lakukan gerakan ini 30 detik. Cara melakukannya sambil rebahan adalah dengan menjuntaikan kakimu, kemudian jepit banyal diantara kaki, lalu gerakkan kaki naik turun secara bergantian dengan tetap menjepit bantal diantara kaki dan tangan. Tetap posisikan badan tegak lurus di kasur agar otot otot bisa mendapatkan peregangan.

Donkey kick biasanya dilakukan di pusat kebugaran dengan matras, tapi kamu bisa melakukannya di kamar dengan menjadikan kasur sebagai matrasnya. Caranya, posisikan tubuhmu seperti merangkak di atas kasur, lalu posisikan kakimu menjuntai, lalu gerakkan kakimu seperti saat melakukan donkey kick. Lakukan bergantian antara kaki kanan dan kiri selama masing masing 30 detik.

Posisikan tubuhmu sambil rebahan dan lakukan bicycle crunch, seperti gerakan mengayuh sepeda dengantangan berada di belakang kepala. Lakukan gerakkan ini berulang ulang hingga dirasa cukup lalu luruskan kaki kembali. Dengan beberapa tips olah raga sambil rebahan di atas, akan membuat rebahanmu lebih sehat dan otot otot mendapatkan peregangan.

<span ></span> Jangan ragu lakukan gerakan planking, maka manfaat besar ini akan kamu dapatkan. Gerakan<span ></span>planking mungkin bagi masyarakat Indonesia secara umum masih terdengar asing. Namun, siapa sangka gerakan<span ></span>planking lebih efektif ketimbang sit up atau crunches.

Plank ialah gerakan olahraga yang mengharuskan seseorang menempatkan kedua sisi tangannya, termasuk siku. Gerakan tersebut dilakukan di permukaan lantai atau tanah, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya seperti ingin push up. Gerakan<span ></span>planking bisa digerakkan oleh Pria atau wanita, dengan postur yang sama.

Jika dilihat secara sekilas, gerakan<span ></span>planking mungkin mudah dilakukan. Namun, jangan cepat menilai dulu, ketika mencoba<span ></span>plank<span ></span>pada durasi tertentu, otot perut seperti tertekan. Seperti, itulah cara kerja<span ></span>plank<span ></span>untuk melatih gerakan otot di perut agar kembali mengencang.

Beberapa orang olahragawan mengatakan bahwa, gerakan<span ></span>planking merupakan gerakan fungsional dan praktis untuk melatih otot perut. Lalu apa saja manfaat besar yang didapatkan, ketika seseroang melakukan gerakan<span ></span>planking atau<span ></span>plank<span ></span>ini? Berikut manfaat gerakan<span ></span>planking yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Hanya lakukan<span ></span>plank<span ></span>saja memang tidak bisa memberikan hasil berupa perut six pack. Namun, jika latihan tersebut disertai diet yang sehat, cardio rutin, hingga olahraga angkat berat, jangan kaget kalau nanti badan kamu terlihat menakjubkan di depan cermin. Fungsi utama<span ></span>plank<span ></span>memang untuk memunculkan bentuk otot di bagian perut tengah.

Melakukannya dengan rutin bisa melatih otot perut inti bagian dalam, termasuk<span ></span>transverus abdominis, yang bisa membuat otot rectus abdominis jadi lebih kuat. Orang orang dengan masalah punggung tidak perlu khawatir. Sebab,<span ></span>plank<span ></span>lebih aman dibandingkan dengan gerakan sit up.

Buat yang jarang olahraga, banyak otot dalam tubuh kita yang 'tidur'. Nah, dengan lakukan<span ></span>plank<span ></span>bisa kamu bisa membentukkembali otot, agar bisa memiliki postur baik. Salah satu alasan sit up disebut tidak seefektif manfaat olahraga<span ></span>plank, ialah gerakannya yang bisa mencederai punggung.

Dengan melakukan<span ></span>plank, tidak hanya otot perut saja yang dilatih, tapi tubuh secara keseluruhan, bisa merasakan manfaat<span ></span>plank. Gerakan<span ></span>plank<span ></span>memang sederhana, namun sebenarnya, otot lengan, kaki hingga perut dibutuhkan. Itulah alasan mengapa<span ></span>plank<span ></span>disebut sebagai olahraga yang efisien.

Cek dulu kondisi kesehatan tubuhmu, sebelum lakukan gerakan<span ></span>plank. Jika terjadi ganguan kecil, seperti pegalkarena pekerjaan mengharuskan duduk seharian di depan laptop, manfaat olahraga<span ></span>plank<span ></span>bisa menyembuhkannya. Manfaat olahraga<span ></span>plank<span ></span>bisa memperkuat punggung, dada, bahu, leher hingga perut.

Latihan<span ></span>plank<span ></span>dengan baik bisa memperkuat bahu dan pinggang bawah. Kedua komponen ini sangat dibutuhkan untuk membentuk postur tubuh yang ideal. Melakukan<span ></span>plank<span ></span>dengan rutin juga mampu mengembangkan kekuatan isometrik pada otot inti.

Sehingga, kita bisa duduk lebih lama dengan nyaman di kantor. Gerakan<span ></span>plank<span ></span>dapat menjaga tulang dalam posisi benar, sehingga meningkatkan fungsi pernapasan dan sistem saraf. Alhasil, fungsi organ internal jadi lebih maksimal.

Postur baik yang didapatkan dari<span ></span>plank<span ></span>bisa membuat kita terlihat lebih tinggi dan ramping, sehingga tampil dengan lebih percaya diri. Manfaat olahraga<span ></span>plank<span ></span>lainnya ialah membuat tubuh lebih fleksibel, dengan cara meregangkan bagian bawah tubuh. Melakukan gerakan<span ></span>plank<span ></span>bisa meningkatkan postur paha belakang serta lengkungan kaki.

Jika kamu ingin membuat tubuh lebih renggang dan fleksibel,<span ></span>plank<span ></span>dengan gaya menyamping, bisa dilakukan. Posisi<span ></span>plank<span ></span>dan segala variasinya, melatih tubuh agar bisa menggunakan perut untuk menstabilkan gerakan kita. Ketika berlari, berenang, bersepeda hingga mendaki, perut yang kuat bisa memaksimalkan gerakan gerakan.

Dengan otot perut yang kuat, kaki dan lengan tidak perlu bekerja keras melakukan segala gerakan tubuh. Hal ini bisa membuat tenaga jadi tahan lama, makacedera pun terhindari. Manfaat olahraga<span ></span>plank<span ></span>mengajarkan kepada kita bahwa tubuh bertindak sebagai sebuah kesatuan, yang tak terpisahkan.

Jika kamu ingin mencoba<span ></span>plank, ada baiknya lakukan di lantai atau dengan dialasi matras yoga, sehingga lengan, siku dan kaki tidak terluka akibat permukaan kasar. Sebelum melakukan<span ></span>plank, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, untuk mengetahui kemampuan tubuh serta risikonya. Jadi, kamu bisa menghindari cedera saat melakukan<span ></span>plank.<span ></span>

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close