Pendidikan

Tips Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Berkualitas

Banyak sekali Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang telah meraih prestasi tingkat nasional maupun internasional, dan juga memberikan kontribusi banyak pada kemajuan tanah air ini. Berikut beberapa tips dalam memilih PTS yang berkualitas: Akreditasi merupakan evaluasi dan penilaian secara komprehensif yang merupakan upaya dari pemerintah dalam menstandarisasi mutu sebuah kampus, yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Pilihlah PTS yang memiliki akreditasi A (sangat baik), karena semakin tinggi akreditasi, semakin tinggi pula citra dan kualitasnya di mata orang. Selain itu, kamu juga harus mengetahui akreditasi dari program studi yang kamu minati.

Semakin tinggi peringkat dari suatu kampus, maka tentu saja kualitas kampus semakin bagus. Kamu dapat melihat peringkat PT baik secara nasional maupun internasional, melalui lembaga seperti Kemeristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan lain lain. Banyak PTS yang biaya kuliahnya lebih terjangkau dibandingkan PTN, terlebih lagi jika kamu mendaftar di PTN lewat jalur Mandiri (jalur mandiri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing masing perguruan tinggi). Semakin tua sebuah PTS, maka dapat disimpulkan bahwa PTS tersebut memiliki citra yang baik di mata masyarakat. Selain itu, semakin tua sebuah kampus, maka semakin banyak pengalaman yang kampus tersebut miliki.

Sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu apakah di sekitar tempat tinggalmu ada PTS yang berkualitas atau tidak. Hal ini penting dilakukan, karena ini akan menyangkut biaya yang akan kamu keluarkan selama berkuliah. Cari tahu mengenai fasilitas yang kampus berikan, baik fasilitas umum maupun fasilitas program studi yang kamu minati. Dengan fasilitas yang lengkap, maka proses belajarmu dapat lebih maksimal. Cari tahu mengenai alumni atau lulusan dari kampus tersebut, tentang kesuksesan mereka, mudahnya mereka mendapatkan pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Cari review dari para alumni atau mahasiswa yang sudah pernah berkuliah di kampus tersebut, sebagai gambaran untukmu sebelum kamu benar benar memutuskan untuk mendaftar di kampus tersebut. Terkait syarat syarat tersebut, dalam keterangan tertulisnya, Rektor Universitas Tarumanagara (Untar), Prof DR Agustinus Purna Irawan, menyebut Untar sudah memenuhi syarat yang telah disebutkan di atas. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun, Untar sudah berakreditasi A dari BAN PT. Berada di peringkat ke 34 PT dan ke 8 PTS di Indonesia, Untar telah diakui di kancah internasional karena keberhasilannya melalui penghargaan 3 STAR QS pada periode 2019.

Penghargaan ini diberikan oleh Ouacquarelli Symonds, sebuah lembaga yang berperan mengukur rating universitas di seluruh dunia. Saat ini, Untar tengah membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk Tahun Akademik 2020/2021. Untuk informasi lengkap seputar Untar dapat diakses melalui website resmi Untar , yaitu untar.ac.id. Jika ingin langsung mendaftar secara online, bisa langsung akses website digitaladmisi.tarumanagara.ac.id dengan kode promo UNTAR60.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close