Nasional

Tito Dikawal Ketat Pimpin Apel buat Pertama Kali

Mendagri Jenderal (Purn) Pol Tito Karnavian memimpin apel pagi untuk pertama kalinya di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada Kamis (24/10/2019) pagi. Usai memimpin apel, Tito yang mengenakan kemeja batik lengan panjang bernuansa kuning dan coklat kemudian menerima awak media untuk sesi tanya jawab. Tampak pengawalan untuk mantan Kapolri itu sangat ketat.

Ada tiga orang berbadan tegap yang mengawal Tito di mana mereka berdiri persis di belakang Tito, di sebelah kiri belakang, dan kanan belakang. Mereka tampak sibuk melindungi Tito dan mengingatkan awak media untuk tak terlalu dekat dengan Tito. Tito juga didampingi oleh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar.

Dalam sesi tanya jawab itu Tito mengatakan ada dua program jangka pendek yang akan dilaksanakannya sejak menjabat sebagai Mendagri. “Yang pertama adalah berkontribusi pada stabilitas politik di daerah dan kedua saya akan segera meminta Dirjen Bina Keuangan Daerah untuk menyisir serapan anggaran seluruh pemda di Indonesia. Hal itu untuk memastikan serapan anggaran dan program dieksekusi secara baik, kalau ada yang belum maksimal kita dorong,” ungkapnya. Ia juga mengaku akan menjalankan program yang sudah dijalankan Mendagri sebelumnya sembari menjalin hubungan secara intensif dengan jajaran Kemendagri untuk mengetahui masalah yang harus segera diselesaikan.

Saat dikonfirmasi, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo mengatakan ketatnya pengawalan kepada Tito merupakan bentuk transisi dari jabatan yang sebelumnya melekat pada Tito yakni Kapolri. “Kalau dari kepolisian memang prosedur dan ketetapannya seperti itu, memang masih berkaitan dengan masa transisi dari jabatan lama beliau sebagai Kapolri,” pungkasnya. Setelah memimpin apel, Tito langsung bergegas menuju Istana Negara untuk mengikuti rapat kabinet perdana bersama Presiden Joko Widodo.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close