Travel

Turis Aljazair Ini Nekat Berenang dari Timor Leste menuju Australia Visa Tinggal Habis

Bagaimana jadinya jika visa tinggal yang kamu gunakan sudah habis? Ada yang memilih memperpanjang masa berlaku. Lainnya memilih untuk kembali ke negara asal.

Namun apa jadinya jika visa sudah habis dan uang telah ludes? Mungkin aksi nekat akan dilakukan. Seorang warga negara Aljazair, Haminoumna Abdul Rahman nekat akan berenang dari Timor Leste ke Australia. Namun, karena kondisi cuaca sedang buruk dan ombak cukup besar, akhirnya WNA tersebut terdampar di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Dari pemeriksaan yang dilakukan polisi, alasan Haminoumna melakukan aksi nekat tersebut, karena visa tinggal di Timor Leste telah habis. Selain itu, ia tidak memiliki cukup uang untuk kembali pulang ke negara asalnya. Kapolres Malaka Albert Neno mengatakan, Haminoumna ditemukan mengapung di perairan Laut Timor oleh nelayan Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, pada Sabtu (11/1/2020) sekitar pukul 20.00 WITA.

Saat pertama kali ditemukan nelayan, kondisinya dianggap sangat memprihatinkan. Sehingga, para nelayan langsung mengevakuasinya ke rumah sakit. "Saat ditemukan oleh warga, tubuhwarga Aljazairini dalam kondisi yang lemah," ujarnya.

Setelah kondisinya mulai membaik, pada Senin (13/1/2020), WNA itu langsung dijemput petugas dari Kantor Imigrasi untuk dilakukan penyelidikan. Saat ini, dirinya belum bisa memberikan informasi secara detail, karena yang bersangkutan masih menjalani perawatan medis di RSUPP Betun. "Kita sudah dapat informasi kemarin dan sudah ditangani Imigrasi. Saya belum bisa membenarkan kalau dia warga negara Aljazair karena kita harus periksa semua dokumennya. Nanti kalau sudah diperiksa baru saya jawab soal itu (indentitas),” terang Answar.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close