Internasional

Urutan Ke 13 Dari Daftar 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia Versi Jordania Apa Kata Jokowi

Urutan Ke 13 dari 500 Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia Versi Jordania, Apa Kata Jokowi? <span></span> Pusat Studi Islam Strategis Kerajaan Yordania merilis 500<span></span>tokoh<span></span>Muslim<span></span>berpengaruh di<span></span>dunia<span></span>untuk edisi 2020 mendatang. Dalam daftar itu, di urutan 50 besar, Presiden<span></span>Indonesia<span></span>Joko Widodo (<span></span>Jokowi) berada di urutan 13, di bawah Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamid Al Thani.

Di dalam publikasi<span></span>The Muslim 500, Presiden Jokowi merupakan pemimpin pertama yang bukan berasal dari militer atau dinasti politik. Dia datang dari keluarga bersahaja keturunan Jawa. Sang ayah merupakan pengusaha furnitur kecil, di mana seringkali tak bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Disebutkan di sana Jokowi merupakan Wali Kota Solo yang begitu dekat dengan warganya. Dia fokus mempopulerkan Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa. Namun, dia juga gencar mengembangkan sistem transportasi publik, layanan kesehatan, dan iklim usaha yang sesuai dengan warganya.

Presiden berusia 58 tahun itu disebut adalah sosok politisi "bersih", di mana menghindari korupsi serta nepotisme yang menjangkiti kalangan politisi. Setelah itu karir politiknya menanjak sebagai Gubernur DKI Jakarta, sebelum dicalonkan sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Selama berkampanye, dia mempertahankan "Tradisi Blusukan". Yakni terjun dan mendengarkan langsung apa yang menjadi keluhan rakyat.

Pendekatan ini membuatnya mengerti apa yang menjadi saran serta kritikan dari masyarakatnya, dan menikmati relasi kuat dengan publik. Dalam pemilu April lalu, Jokowi yang menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia(MUI) terpilih dengan meraup 55,5 persen suara. Dalam publikasi edisi tahun depan itu, dia naik tiga peringkat dibandingkan edisi 2019, di mana dia berada di posisi ke 16.

Selain Presiden Jokowi, tokoh Indonesia lain yang masuk ke dalam daftar 50 besar tokoh Muslim berpengaruh dunia adalah Ketua Umum PBNU<span></span>Said Aqil Siradj. Said Aqil Siradj berada di urutan 19. Dia membentuk Said Aqil Centre di Mesir, yang fokus kepada diskursus Islam, terutama tentang<span></span>Dunia<span></span>Arab. Adapun peringkat pertama dalam daftar tersebut adalah sarjana Islam Deobandi Hanafi asal Pakistan, Muhammad Taqi Usmani.

Memulai publikasi sejak 2009,<span></span>The Muslim 500<span></span>memfokuskan nominasi pada pengaruh si tokoh baik terhadap dunia Islam, maupun komunitas non Islam. Lantas bagaimana respon Presiden Jokowi atas ramainya pemberitaan dirinya masuk di urutan ke 13 tokoh muslim berpengaruh dunia? Yang muncul adalah catatan dan sambutan Jokowi terkait Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia / TNI.

Dalam setahun terakhir ini, TNI telah menorehkan sejarah baru. Pada bulan Desember 2018, telah diresmikan pangkalan militer terpadu di Natuna, Kepulauan Riau, yang akan disusul dengan empat pangkalan serupa di Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki. Pada 30 Juli 2019, kita telah membentuk Komando Operasi Khusus (KOOPSUS) yang akan mendukung penanganan terorisme.

Kemudian, TNI sukses menggelar latihan gabungan Dharma Yudha pada awal bulan September 2019. Latihan ini melibatkan<span class="text_exposed_show"><span></span>12.500 prajurit dari tiga matra dan menjadi ajang unjuk teknologi baru.</span> Setelah itu, pada 27 September 2019, dibentuk Komando Gabungan Wilayah Pertahanan di Tanjung Pinang, Balikpapan, dan Biak untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan krisis, serta meningkatkan daya gentar kita.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close