Sport

Valentino Rossi Finis Keempat di MotoGP Austria 2019 Andrea Dovizioso Juara

Pembalap Ducati,Andrea Dovizioso menjuaraiMotoGPAustria 2019 di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (11/8/2019) setelah secara dramatis menyalipMarc Marquezpada tikungan terakhir. Andrea Doviziosomenjadi juara usai melewati balapan sengit dengan rivalnya,Marc Marquez. Dovizioso Marquez terlibat pertarungan ketat memperebutkan posisi terdepan sejak balapan dimulai.

Persaingan keduanya berlangsung sepanjang balapan dan diwarnai saling salip antara kedua pembalap. Dovizioso secara dramatis menyalip Marquez yang pada tikungan terakhir saat balapan sudah memasuki lap ke 28 alias lap pamungkas. Marc Marquez menduduki pole position pada balapan edisi ke 11 MotoGP tersebut.

Meski memulai balapan dari posisi terdepan, Marquez langsung disalip oleh pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, sejak lap pertama. Posisi Marquez bahkan melorot hingga ke urutan keempat setelah disalip oleh Andrea Dovizioso (Ducati) dan Jack Miller (Pramac Racing). Sementara itu, pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengalami lonjakan posisi dan menempel Marquez pada urutan kelima.

Marquez terus mengejar para rivalnya. Usaha juara bertahan tersebut membuahkan hasil pada lap ketiga. Dia menyalip Jack Miller dan kembali ke urutan tiga besar dengan selisih 0,729 detik dari Quartararo pada posisi terdepan. Posisi Quartararo pun tak bertahan lama setelah Andrea Dovizioso menggesernya dari posisi puncak ketika balapan memasuki lap kelima.

Dia pun terlempar ke posisi ketiga usai Marquez ganti menyalipnya. Ramalan Dovizioso bahwa dia akan terlibat balapan sengit dengan Marquez seperti terbukti. Kedua pembalap tersebut bersaing ketat di posisi pertama dan kedua, hingga Marquez menyalip pesaingnya asal Italia tersebut pada tikungan 9 setelah sempat terlibat saling pepet.

Marquez pun akhirnya kembali ke posisi terdepan setelah lepas dari tekanan Dovizioso dengan selisih 0,991 detik. Di sisi lain, nasib apes menimpa Jack Miller yang terjatuh di tengah persaingan Marquez dan Dovizioso. Pembalap asal Australia tersebut pun harus rela tak melanjutkan balapan.

Dovizioso terus menempel Marquez hingga lap ke 16 dengan selisih waktu 0,223 detik. Praktis, hanya Dovizioso dan Marquezyang mendominasi jalannya balapan dengan meninggalkan jauh lawan lawannya. Usaha Dovizioso tak sia sia. Memasuki lap ke 19, dia menyalip Marquez dan kembali ke posisi terdepan.

Persaingan seru tak cuma terjadi pada urutan pertama dan kedua. Pada urutan keempat, Valentino Rossi kesulitan menghindari kejaran Maverick Vinales dan Alex Rins yang berusaha mengambil alih tempatnya. Memasuki lap ke 24, Dovizioso tetap ditempel ketat oleh Marquez meski dia masih menguasai posisi terdepan.

Pertarungan Marquez Dovizioso semakin sengit pada lap ke 25. Keduanya bergantian saling menyalip hingga dua kali bersisian. Namun, Marquez melepaskan diri dari tekanan Dovizioso dan meraih kembali posisi terdepan,

Balapan memperebutkan podium terus berlangsung dengan ketat hingga lap terakhir. Kegigihan Dovizioso membuahkan hasil. Secara dramatis, dia menyalip Marquez pada tikungan terakhir. Dovizioso pun akhirnya mengamankan gelar juaraMotoGPAustria 2019 dengan Marquez menempel di belakangnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close