Kesehatan

Viral Anjuran Obat ‘Isosorbide Dinitrate’ buat Pertolongan Pertama Serangan Jantung Benarkah

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit yang bisa mengancam jiwa seseorang. Terlebih saat terkena serangan jantung. Dahulu, penyakit jantung identik dengan penyakitnya 'orang tua'.

Namun hal itu dipatahkan oleh beberapa orang yang masih tergolong muda namun memiliki penyakit tersebut. Ternyata penyakit jantung pun bisa menimpa siapapun tanpa melihat 'usia'. Kematian dari Ashraf Sinclair, suami dari aktris dan penyanyi, Bunga Citra Lestari akibat serangan jantung menimbulkan 'duka' yang dalam di benak masyarakat.

Pasalnya, Ashraf adalah pribadi yang gemar berolahraga dan memiliki gaya hidup yang sehat. Nyatanya, Ashraf meninggal akibat serangan jantung diusia yang relatif muda yakni 40 tahun. Pasca meninggalnya Ashraf, kini masyarakat Indonesia lebih 'aware' dengan penyakit jantung.

Hal itu dibuktikan dengan viralnya sebuah anjuran membeli obat bernama Isosorbid dinitrat (ISDN) di jagat maya. Kabarnya, dalam unggahan yang viral di laman Facebook, obat tersebut bisa menjadi pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung. Keterangan dalam unggahan lawas yang kembali viral tersebut bahkan menganjurkan untuk membelinya sebagai 'proteksi diri'.

Lantas, apakah benar obat tersebut dapat menjadi pertolongan pertama? Bagaimana keamanan dari obat tersebut? Apakah bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah bernama dr. Victor Herlambang, SpJP. memberikan jawabannya. Menurut dr. Victor, manfaat dari obat isosorbid dinitrat adalah untuk melebarkan pembuluh darah koroner. Obat tersebut bekerja dengan melebarkan pembuluh darah agar aliran darah ke otot jantung lancar.

Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaan obat tersebut harus dalam pengawasan dokter. "Pembeliannya pun harus sesuai dengan resep dokter," tutur dokter yang berpraktik di Rumah Sakit dr. Oen Kandang Sapi, Surakarta itu. Namun menurut dr. Victor tidak semua penyakit jantung bisa diberi obat isosorbid dinitrat.

Sedangkan menurut dr. Victor, jika melihat seseorang terkena serangan jantung, tidak perlu berlama lama mengambil keputusan untuk datang ke rumah sakit. "Waktu sangatlah berharga dalam serangan jantung, sebabnya adalah komplikasi jantung bisa timbul kapanpun," jelasnya. Dalam perjalanan, dr. Victor menyarankan kepada pasien yang sudah pernah mengunjungi dokter jantung agar diberikan obat terlebih dahulu.

"Obat seperti nitrat (isosorbid dinitrat, dengan segala merknya), dapat diberikan di bawah lidah sembari menuju rumah sakit," ujar dr. Victor. Obat lain yang bisa diberikan adalah minuman pengencer darah. Namun ada beberapa ketentuan yang berlaku.

"Boleh diberikan tambahan bila ingin meminum pengencer darah, namun sesuai saran dokter jantung sebelumnya." "Kuncinya penanganan segera oleh tim medis. Jangan berlama lama dan mencoba mengobati sendiri," pungkasnya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close