Sains

Waspada Tak Boleh Lebih dari 2 Menit 6 Tips Cara Aman Lihat Gerhana Matahari Cincin

Fenomena gerhana matahari cincin terjadi pada hari ini Kamis (26/12/2019). Bagaimana cara melihat fenomena ini lewat cara yang aman? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengamati gerhana matahari cincin di hari ini. Fenomena gerhana matahari cincin merupakan gerhana yang terjadi ketika bayangan bulan hanya menutupi bagian tengah matahari.

Oleh sebab itu, menyisakan bentuk cincin api di sekeliling bayangan matahari, sementara pada gerhana matahari total, matahari tertutup total oleh bayangan bulan. Dikutip dari Kompas.com , yang dijelaskan oleh Astronom Amatir Marufin Sudibyo, untuk dapat melihat fenomena menarik ini secara langsung, yang aman bagi mata manusia, Prinsip utamanya adalah mengurangi intensitas sinar matahari sebesar mungkin sehingga yang masuk ke mata Anda tinggal 0,00001 bagian saja dibanding semula.

Cara yang paling disarankan adalah menggunakan filter matahari berupa filter ultraviolet dan infrared yang sesuai. Dapat pula menggunakan kacamata las nomor 14 atau lebih besar. Meskipun Anda sudah menggunakan dan memiliki alat filter matahari tersebut, kata Marufin, untuk menatap matahari tersebut tetaplah tidak boleh lebih dari dua menit lamanya.

"Dengan menggunakan alat alat tersebut pun, kita tidak boleh menatap Matahari melebihi dua menit," kata Marufin kepada Kompas.com, pada Rabu (18/12/2019). Ditegaskan juga oleh Marufin bahwa sangat tidak dianjurkan menggunakan filter Matahari dari selembar negatif film yang sudah dipapar cahaya dan dicuci, atau secara teknisnya "dibakar". Sebab, kemampuannya mengurangi cahaya hanya mencapai 0,001 sehingga cahaya yang memasuki mata manusia masih 100 kali lebih besar dibanding batas aman.

Tentunya sebelum Anda melihat GMC ataupun gerhana sebagian di kota Anda, Anda harus mengetahui terlebih dahulu titik titik pengamatan Gerhana terdekat di kota Anda agar dapat melihat fenomena tersebut dengan baik. Hal itu karena ada kemungkinan gerhana matahari yang terjadi gagal terlihat akibat halangan cuaca. "Kemungkinan tersebut (terhalang awan mendung) selalu terbuka, meski Gerhana dikenal dapat memproduksi fenomena mikroklimat tersendiri yang unik," ujarnya.

Untuk diketahui, fenomena mikromilat gerhana matahari adalah suasana atau keadaan langit yang semula mendung mendadak cerah menjelang puncak gerhana. Seperti diketahui, fenomena gerhana matahari cincin akan tampak di hampir seluruh wilayah Indonesia. Bila tidak terhalang cuaca, penampakan sempurna gerhana matahari cincin diperkirakan di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

BMKG memperkirakan cuaca di wilayah Sumatera Utara akan cerah berawan pada pagi hari saat terjadi gerhana matahari cincin, lalu pada siang harinya cenderung berawan. Pengumuman tutup diumumkan oleh lembaga observatorium Bosschauntuk publik tanggal 23 26 Desember 2019 dan 28 Desember 2019 1 Januari 2020. Lewat laman web ,gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan menutupi pusat matahari.

Di mana meninggalkan tepi terluar matahari membentuk cincin api atau annulus diamati dari permukaan bumi. Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) diprediksi akan terjadi padaKamis, 26 Desember 2019. Berdasarkan informasi yang dibagikanBMKG, gerhana matahari cincin di Indonesia dapat dilihat dari wilayah Sumatera dan Kalimantan. Mengutip dari berbagai sumber, fenomena Gerhana MatahariCincin (GMC) tak hanya sekadar diamati namun dimanfaatkan oleh pariwisata Kepulauan Riau (Kepri) sebagai media edukasi masyarakat.

Tim Bosscha Bandung dikirim ke Riau untuk mengedukasi masyarakat seputar gerhana matahari cincin. GMC sendiri akan dipusatkan di Laman Boenda Gedung Gongong, Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Kota kota yang akan dilintasi gerhana matahari cincin itu adalah Siak, Sibolga, Padang Sidempuan, Duri, Tanjung Balai Karimun, Batam, Tanjung Pinang.

Kemudian Singkawang, Pemangkat, Sambas, Entikong, Tanjung Selor, dan Derawan.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close