Nasional

Yusril Sebut Pemerintah Selandia Baru Lalai Beri Perlindungan Kepada Umat Jalankan Ibadah

Pakar Hukum Tata Negara (HTN), Yusril Ihza Mahendra, menilai telah terjadi kelalaian pemerintah dan aparat keamanan Selandia Baru melindungi mesjid dan umat Islam yang melaksanakan ibadah. "Di negeri yang umat Islam minoritas, di tengah ancaman terorisme yang setiap saat bisa terjadi, pemerintah New Zealand justru lalai memberikan perlindungan atas kedamaian umat Islam menjalankan ibadah," kata Yusril Ihza Mahendra dalam keterangannya, Jumat (15/3/2019). Menurut ketua Partai Bulan Bintang itu, sesuatu hal tragis, orang sipil bersenjata otomatis, dengan bebas masuk masjid dan menembaki umat yang sedang berkumpul untuk beribadah sambil merekam dengan video.

"Perisitwa pembantaian umat Islam di Cristchurch ini menjadi pelajaran penting bagi negara itu," kata dia. Selama ini, jika terjadi tindak kekerasan terhadap umat beragama dan tempat ibadah di Indonesia, kata dia, New Zealand termasuk negara paling keras mengkritik. Bahkan sering menuduh pemerintah Indonesia intoleran terhadap pemeluk agama minoritas.

Berkaca dari kejadian di New Zealand, dia menambahkan, kelompok mana saja, penganut agama apa saja, bisa melakukan kejahatan teror. Umat Islam bahkan menjadi korban aksi terorisme. "Peristiwa pembantaian ini hendaknya membuka mata dunia Barat, terorisme tidak berkaitan dengan Islam," katanya.

Tags
Show More

Ririna Nafiza M

Jika kamu tak membayangkannya, tak ada sesuatu pun yang akan terwujud. Orang-orang biasanya melihat apa yang mereka cari, dan mendengar apa yang mereka ingin dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close